Rabu, 28 November 2007

Hijau! Hijau! Hijau!

Pada suatu hari, di Malaysia ada seorang yang sangat kaya raya tetapi hidupnya nggak bahagia. Karena itu, dia coba mendatangi seorang tua yang bijaksana yang tinggal di sebuah desa untuk minta nasehat.

Orang kaya itu bertanya,"Pak tua, apa yang harus Saya lakukan supaya hidup Saya bahagia?". Orang tua bijak itu menjawab,"Kamu akan bahagia kalau semua yang kamu lihat berwarna hijau." Orang kaya itu manggut-manggut
saja mendengar nasehat dari orang tua itu. Setelah itu, berpamitanlah dia pada orang tua itu dan pulang ke kota.

Satu bulan kemudian, dia menelpon orang tua itu sambil berkata,"Pak tua, Saya sudah turuti nasehat Bapak. Sekarang semua yang Saya lihat berwarna hijau! Mari Bapak datang berkunjung ke rumah Saya"

Singkat cerita, sampailah si orang tua bijaksana ini ke kota dan dia segera menuju ke rumah si orang kaya. Beberapa saat kemudian sampailah dia ke rumah orang kaya itu.

Rumahnya adalah rumah terbesar di sebuah kompleks perumahan elit. Uniknya, semua bagian rumahnya berwarna hijau. Pagarnya, cat tembok
rumahnya, atapnya,pokoknya semua berwarna hijau. Lantas orang tua itu memencet bel pintu rumah orang kaya itu (yang tentunya berwarna hijau juga). Ternyata orang kaya itu sendiri yang membukakan pintu dan menyambut kedatangan orang tua bijak itu. Orang kaya itu mengenakan baju sutra yang amat mahal berwarna hijau. "Mari, pak tua, Saya antar berkeliling rumah
Saya."

Pak tua itu terheran-heran dengan rumah si orang kaya. Tidak hanya luarnya, bagian dalam rumahnya pun semua berwarna hijau. Semua perabot rumahnya mulai karpet, sofa, televisi, lemari, meja dan kursinya semuanya berwarna hijau. Bahkan pelayannya pun mengenakan seragam berwarna hijau. Belum habis keheranan si orang tua, orang kaya itu memperlihatkan dua mobil mewahnya. Di garasinya ada dua mobil Mercedes-Benz dan BMW
terbaru yang kesemuanya berwarna hijau.

Bertanyalah orang tua itu,"Berapa kau habiskan untuk membuat semuanya ini?" "500,000 Ringgit", kata Orang kaya itu. "Dasar Bodoh!", kata orang tua itu. Orang kaya itu pun terheran-heran dan kemudian berkata,"Bukankah Saya sudah turuti nasehat Bapak dan membuat semua yang Saya lihat berwarna hijau?" "Dasar bodoh!", kata orang tua itu lagi, dan sambungnya," Bukankah kalau kau keluar dari rumah ini semuanya tidak berwarna hijau lagi? Kenapa kau buang-buang 500,000 ringgit padahal dengan 50 ringgit Kamu bisa membeli kaca mata yang warnanya hijau dan SEMUA yang kau lihat akan berwarna hijau di manapun kau berada!"


Well, memang kita selalu ingin lebih baik lagi dalam segala hal. Tetapi yang menjadi masalah adalah kita selalu berusaha untuk mengubah orang lain seperti apa yang orang kaya itu lakukan. Kita nggak sadar bahwa kalau kita ingin membuat perubahan, baik itu di keluarga, di pekerjaan kita, dan di manapun kita berada perubahan itu harus dimulai dari dalam diri kita sendiri. Kita harus merubah cara pandang kita dan bukannya berusaha merubah apa yang ada di luar kita tapi kita sendiri yang harus berubah dulu. Dalam artian positif tentunya.


Hehehehe sama ya ma warna blog ane............

Tidak ada komentar: