Jumat, 23 November 2007

Hubble Tunjukkan Bentuk Asli Nebula ’Red Rectangle’

Sebuah foto baru yang tajam dari nebula terang bernama "Red Rectangle" atau "persegi panjang merah" menunjukkan bahwa kumpulan debu dan gas itu lebih mirip bentuk tangga dengan tanda silang (X) raksasa di tengahnya.

Foto terbaru dari objek langit paling tidak biasa di galaksi ini dibuat oleh teleskop ruang angkasa Hubble pada tahun 1999, namun baru diumumkan secara luas hari Selasa kemarin (11/5). Nebula itu sendiri baru ditemukan pada awal tahun 1970-an. Karena bentuk dan warna yang terlihat waktu itu, para astronom menyebutnya sebagai "Red Rectangle."

Tetapi foto detail yang dihasilkan Hubble memperlihatkan bahwa bintang ganda pada inti nebula tersebut menyemburkan gas dan debu pada arah berlawanan, menyebabkan terbentuknya pola unik seperti anak tangga. Sejauh ini para astronom tidak melihat ada nebula lain seperti itu di jagad raya.

"Struktur Red Rectangle yang dilihat Hubble benar-benar kompleks. Bentuk yang sangat mempesona adalah gambaran seperti anak tangga, walau sebenarnya itu adalah kerucut gas yang bertumpuk-tumpuk," kata Hans Van Winckel dari Universitas Katolik Leuven, Belgia.

Adapun bintang kembar pada inti Red Rectangle, yang secara resmi disebut HD 44179, adalah bintang-bintang sekarat yang mendekati ajalnya. Menjelang padam, keduanya terus menerus melepaskan partikel lapisan terluarnya ke ruang angkasa, sehingga terbentuklah nebula atau kumpulan debu dan gas yang berlapis-lapis.

Sebagai tambahan, Nebula Red Rectangle berada pada jarak sekitar 2.300 tahun cahaya dari Bumi, pada arah gugusan bintang Monoceros.

Sedangkan mengenai Hubble, hingga saat ini, para astronom masih mengandalkannya untuk melakukan observasi-observasi yang tidak mungkin dilakukan dari teleskop Bumi. Namun masa depan teleskop ruang angkasa ini masih belum jelas karena NASA membatalkan misi berawak untuk men-service Hubble. Bila misi robotik kelak tidak bisa memperbaiki dan meng-upgrade Hubble, maka teleskop hebat itu bakal mengambil gambar terakhirnya pada tahun 2007 atau 2008, lalu ia akan menjadi sampah angkasa luar.



Red Rectangle, ternyata bukan persegi panjang, tetapi lebih mirip anak tangga dengan huruf X di tengahnya

Tidak ada komentar: