Selasa, 11 Desember 2007

RESTORASI MEIJI (Meiji Ishin)

Pada tahun 1600-an jepang berada pada pundak tertinggi dibawah kekuasaan ke"Shogunan Takugawa" yang pada saat itu menerapkan 2 kebijakan pada negaranya.

2 kebijakan itu antara lain :
1. Pengusiran warga negara asing
2. Pengisolasian Negara dari pengaruh luar
yang terjadi selama lebih kurang 240 tahun, hingga akhirnya lahirlah “ RESTORASI MEIJI “. Restorasi Meiji dimulai ketika terbentuknya aliansi Sat-cho yaitu antara :
- Satgo takamori yang dipimpin oleh Satsuma.
- Kido takayoshi yang dipimpin oleh Choshu.

Aliansi ini dicetuskan oleh Sakamoto Ryoma dengan tujuan melawan keShogunan Takugawa (yang saat itu dipimpin oleh Yoshinobu Takugawa) dan mengembalikan kekuasaan pada kaisar.

Restorasi Meiji diawali ketika dibukanya jepang dari negara luar, yang pada saat itu dipimpin oleh Kaisar Meiji yang bernama Matsuhito. Kaisar Matsuhito menerapkan modernisasi disegala bidang hingga menyamai negara – negara barat dan lebih difokuskan pada bidang pendidikan dengan cara meningkatkan anggaran pendidikan secara drastis, wajib belajar bagi penduduk jepang dan pengiriman pelajar – pelajarnya untuk belajar di Eropa (Prancis dan Jerman)

Pada saat Restorasi Meiji, Kaisar Meiji banyak memasok senjata – senjata perang dari negara barat. Akhir abad 18 para Samurai (Satria berpedang / pesuruh yang dihormati karena pengabdiannya) melakukan pemberontakan karna tak ingin negaranya dijarah pedagang senjata dari barat yang terlalu mendominasi negara itu.

Pemberontakan itu dipimpin oleh “ Katsumoto” yang akhirnya tewas dalam pemberontakan tersebut. Sebelum Katsumoto tewas beliau masih sempat menitipkan KATANA-nya kepada sang kaisar.

Kaisar pun akhirnya tersadar dari kesalahannya yang terlalu memaksakan paham modernisasi untuk negaranya sehingga menghilangkan budaya – budaya luhur ketimuran yang dipegang teguh oleh bangsanya dan sudah diwariskan sejak nenek moyang dulu. Pada saat itu keluarlah Statement dari sang kaisar yang akhirnya menjadi prinsip hidup negara Jepang hingga saat ini.
Statement itu lebih kurang berbunyi :

“ Walaupun pakaian dan senjataku dari Barat, tetapi hatiku tetaplah dari Timur “


To Be Continued............

Tidak ada komentar: